Q&A Caregiver

Q : Untuk hari dan waktu kerja?

A : Waktu kerja adalah 8 jam, lebih dari 8 jam/hari dihitung tambahan +25% dari gaji perjam, untuk hari kerja 5+2 ,  artinya 5 hari kerja 2 hari libur (untuk hari libur apakah sabtu-minggu? Tergantung keputusan perusahaan).

Q : Apakah boleh pulang ke Indonesia di tengah-tengah program?

A : Cuti diberikan adalah 6-12 hari tergantung dari masing-masing perusahaan, peserta program dapat pulang ke negara  nya masing-masing setelah bekerja selama 1 tahun (tergantung perusahaan) dan kemudian kembali lagi ke Jepang.

Q : Berapa lama kontrak kerja nya ?

A : 3 tahun, dapat diperpanjang menjadi 5 tahun (3+2 tahun)

Q : Program nya seperti apa?

A : Untuk tingkat 1, 2, dan 3 saat ini pembelajaran bahasa Jepang untuk mencapai kualifikasi N5 (JLPT), untuk tingkat 3 biasanya akan ada interview dengan pihak perusahaan Jepang yang datang ke Indonesia, dan apabila lulus interview dan test, maka peserta akan masuk ke karantina di bali untuk mencapai N3.

Q : Ada berapa tingkat dalam bahasa Jepang?

A : Ada 5 tingkat, tingkat yang paling rendah adalah N5, tingkat paling tinggi N1

Q: Mengapa harus belajar sampai tingkat N5 sebelum interview?

A : Saat Anda mencapai N5, Anda mendapatkan sertifikasi bahasa Jepang tersebut dari Jepang dan diakui oleh seluruh dunia, sertifikasi ini memperbesar kemungkinan Anda diterima saat interview dengan user Jepang karena menjadi gambaran dan salah satu penilaian bahwa Anda telah berusaha dengan baik belajar bahasa Jepang dan serius untuk mengikuti program caregiver.

Q : Apakah di karantina dapat makan?

A : Tidak, anda memasak sendiri bersama dengan peserta yang lainnya, di karantina sudah diberikan alat-alat masak

Q : Apabila sudah di karantina di Bali sudah pasti berangkat?

A : Sudah pasti.

Q : Kenapa setelah di interview oleh user Jepang tetap harus belajar bahasa Jepang nya harus sampai N3 dan lama sekali?

A :  N3 adalah bahasa Jepang tingkat menengah atau mahir menggunakan bahasa sehari-hari dan berkomunikasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahaan yang ada, pekerjaan caregiver menuntut Anda untuk senantiasa berkomunikasi dengan para lansia sehingga Anda juga dituntut untuk dapat memiliki kemampuan bahasa yang setara dengan komunikasi sehari-hari dengan baik dan lancar.

Untuk mencapai N3 tidak serta-merta Anda 1 bulan belajar kemudian langsung dapat menguasai bahasa Jepang tingkat tersebut, sehingga Anda membutuhkan waktu untuk berproses, mengerti, dan memahami bahasa Jepang.

Pada saat tahap belajar di karantina kami juga memproses dokumen Anda sehingga saat Anda telah menyelesaikan kualifikasi N3 tersebut CoE Anda dapat segera keluar.

Q : Berapa biaya nya?

A : 35 juta, 5 juta dapat dicicil pada saat pembelajaran N5, apabila Anda terpilih saat interview maka besaran biayanya hanya tinggal 30 juta (dapat dilunasi sebelum keberangkatan).

Q : Mengapa biaya nya mahal sekali?

A : Karena biaya tersebut melingkupi : Biaya asrama, pendidikan di karantina, fasilitas di karantina, Visa, Medical Check Up kedua, Translate dokumen, pengiriman dan pengajuan dokumen ke imigrasi Jepang, Tiket pesawat ke bali, tiket ke Jepang, dsb.  Biaya ini hanya sekali dibayarkan pada saat keberangkatan, dan bilamana Anda membandingkan dengan benefit yang Anda dapatkan, maka nilai biaya ini tidak lah besar.

Q : Saya kurang mampu, tapi saya memiliki niat dan kesungguhan untuk mengikuti program ini, bagaimana ?

A :  PT. Fujindo Servis Indonesia memiliki koperasi Syariah yang siap membantu Anda memberikan pinjaman tanpa riba, yang dapat dicicil setelah Anda tiba dan bekerja selama 2 bulan di Jepang.  Untuk tenor pengembalian adalah 6-12 bulan.

Q : Apakah program ini hanya untuk wanita?

A : Tidak, program ini juga berlaku untuk  pria.

Q : Dimana saya bisa mendaftar?

A : www.fujindo.com/pendaftaran silahkan isi formulir tersebut, pihak Fujindo akan segera menghubungi Anda.

Q : Apakah yang saya dapatkan apabila mengikuti program ini?

A : Pengalaman internasional tentunya, sertifikasi dari perusahaan Jepang, dan pendapatan yang besar.

Q : Apakah kami dapat mess?

A : Tidak perlu khawatir, perusahaan Jepang akan menyiapkan apartemen, dan biaya apartemen tersebut Anda sendiri yang membayarkan dengan gaji yang Anda terima setiap bulannya.

Q : Berapa biaya hidup pribadi rata-rata di Jepang?

A : Untuk apartemen, listrik, air, gas, internet, pajak, asuransi, dan makan rata-rata adalah ¥50.000

Q : Berapa pendapatan kotor rata-rata di Jepang?

A : Kurang lebih ¥800-¥1000/jam, apabila bekerja 22 hari x 8jam = 176 jam x ¥800-¥1000/jam = ¥140.800-¥176.000 / bulan (belum termasuk lembur) *Kurs saat ini ¥1 = Rp. 126,-

Q : Bagaimana cara mengirimkan uang dari Jepang ke Indonesia?

A :  Ada banyak pilihan remittance (perusahaan jasa pengiriman uang) yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang ke Indonesia